Aturan berqurban hewan saat Idul Adha

Berqurban adalah salah satu tradisi Islam yang paling terkenal. Tradisi ini sering dilakukan pada hari raya Idul Adha. Bagi Anda yang mampu dan selalu berqurban di setiap hari raya Idul Adha dan ingin menyembelih hewan qurban sendiri, Anda harus memanjatkan  doa menyembelih hewan qurban.

Doa ini sangat penting untuk dibaca ketika hendak menyembelih hewan qurban. Seperti apa sih bacaan dari doa menyembelih hewan yang hendak diqurbankan? Apa saja aturan hewan yang bisa untuk dijadikan qurban?

Doa Menyembelih Hewan Qurban

Qurban adalah salah satu perayaan paling penting dalam kalender Islam dan jatuh pada tanggal 12 bulan Dzulhijjah bersamaan dengan perayaan Idul Adha.

Qurban sendiri artinya adalah persembahan atau pengakuan. Kata ini berdasarkan dari pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim ketika merelakan anaknya Ismail, demi Allah SWT.

Selama qurban, seekor hewan dikurbankan dan bagiannya dibagikan kepada orang yang tidak mampu, teman dan keluarga, dan bagian terakhir diberikan kepada keluarga yang hidup dalam kemiskinan.

Qurban menandai selesainya haji, ziarah yang dilakukan ke kota suci dan dirayakan bersama teman dan keluarga selama hari Idul Adha.

Qurban jatuh pada hari ke 10, 11 dan 12 Dzulhijjah dan pengorbanan ini hanya dapat dilakukan pada saat setelah shalat Id berlangsung di awal Idul Adha. Pengorbanan yang dilakukan sebelum shalat Id tidak dianggap qurban dan harus dilakukan lagi setelah shalat Idul Adha

Berikut adalah bacaan doa menyembelih hewan qurban :
بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنِّي

Bismillahi allahumma wallahu akbar, allahumma hadza minka wa laka, hadza ‘annaa

Berikut adalah beberapa aturan bagi Anda yang ingin berqurban hewan saat hari raya Idul Adha :

1.  Hewan Harus Disembelih Setelah Sholat Idul Adha

Hewan harus dikorbankan setelah sholat Idul Fitri. Aturan ini adalah praktik yang cukup umum. Anda hanya dapat menyembelih hewan setelah fajar pada hari pertama Idul Adha hingga senja hari terakhir Idul Adha, jika tidak maka tidak akan dianggap sebagai sedekah daging saja.

2.  Harus Hewan dengan Usia Dewasa

Hewan yang diqurbankan haruslah berusia dewasa dan masuk dalam kategori daging yang diizinkan untuk dimakan oleh umat muslim.

Umat ​​Islam hanya diperbolehkan memakan hewan yang merupakan herbivora, tetapi juga hewan yang sudah dewasa.

3.  Hewan Harus Hidup Pada Saat Penyembelihan

Hewan yang diqurbankan harus masih hidup dan lebih disukai jika tetap sehat hingga tiba waktunya untuk disembelih. Di beberapa negara, hewan dibuat pingsan sebelum disembelih, meskipun tidak disukai, dagingnya masih dihukumi halal.

Namun, tradisi di Indonesia tidaklah demikian. Hewan yang hendak disembelih tidak harus dibuat pingsan.

4.  Hewan Tidak Boleh Cacat

Hewan yang hendak diqurbankan tidak boleh memiliki cacat yang jelas. Ya, hewan yang diqorbankan harus benar-benar sehat dan tanpa cacat fisik.

5.  Orang yang Menyembelih Haruslah Seorang Muslim

Orang yang melakukan penyembelihan hewan qurban haruslah seorang muslim yang waras, dan harus mengucapkan bismillah dan membaca doa pada saat pengorbanan.

6.  Memberi Hewan Minum Sebelum Disembelih

Air harus diberikan kepada hewan sebelum waktu penyembelihan. Pemberian air ini hukumnya adalah sunnah, yang berarti lebih disukai tetapi tidak wajib dilakukan. Selain diberi minum, hewan juga tidak boleh disembelih saat lapar.

7.  Pisau Harus Sangat Tajam

Pisau yang digunakan harus diasah sebelum waktu penyembelihan dan sangat tajam sehingga memotong batang tenggorokan (tenggorokan), saluran makanan (kerongkongan) dan kedua urat leher. dalam satu sayatan.

Rasanya berqurban pasti akan lebih menyenangkan jika Anda bisa sambil beribadah umroh di Mekah.

Bagi Anda yang ingin umroh ketika bulan Dzulhijjah, Anda bisa manfaatkan sistem manajemen travel umroh dari MuslimPergi. Demo. Ada banyak sekali fitur menguntungkan dari aplikasi ini lho.

Beberapa fitur yang tersedia bisa memudahkan Anda untuk mengetahui database jama’ah dan mentrackingnya, ada panduan manasik yang bisa dipelajari kapan saja dan radio transmitternya. Dengan aplikasi umroh MuslimPergi Demo ini, Anda bisa dapatkan banyak manfaat dalam satu genggaman.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *